fbpx

Nodes Studio

7 Prinsip Desain Interior untuk Ciptakan Ruangan Nyaman 

Desain Ruang Tamu

Prinsip Desain Interior untuk Ciptakan Ruangan Nyaman 

Prinsip desain interior merangkum hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menciptakan suasana ruangan unik dan nyaman. Kini sudah ada tujuh prinsip desain yang biasanya desainer gunakan ketika menata ruangan.

Desain interior dan prinsipnya tidak hanya menjadi landasan desainer untuk  merancang suatu ruang. Melainkan, dengan mempelajari prinsip dasar desain interior bisa membantu orang awam membayangkan konsep ruangan yang diinginkan. 

Prinsip Desain Interior untuk Ruangan

Desain Ruang Tamu

Pada dasarnya, desain interior termasuk salah satu cabang ilmu seni yang berkaitan dengan proses perencanaan tampilan dari ruangan dalam rumah atau bangunan lainnya. Tujuan proses ini untuk bisa menciptakan ruangan yang tidak hanya memiliki nilai estetika tinggi. 

Melainkan juga fungsionalitas untuk menunjang aktivitas penghuni ruangan tersebut. Desain interior memegang beberapa prinsip utama untuk mewujudkan ruangan nyaman sekaligus indah, berikut penjelasannya:

1. Keseimbangan

Prinsip desain interior pertama ada keseimbangan. Setiap desain atau rancangan tidak harus terlihat condong pada salah satu unsur dan memiliki porsi yang sama.

Hal ini dilakukan agar semua unsur seimbang dan selaras. Terdapat 3 jenis keseimbangan yang perlu Anda pahami, yaitu:

  • Asimetris: semua bentuk, warna, serta tekstur tampak lebih serasi satu sama lain dan tidak terlihat monoton. Contoh penataan sebuah peralatan seperti meja besar dan meja kecil ditempatkan pada sisi lainnya.
  • Simetris: keseimbangan sederhana sebagai unsur yang berulang untuk setiap sisinya. Keseimbangan ini harus lebih Anda perhatikan karena memberikan kesan yang membosankan dan monoton, seperti penataan kasur dengan 2 meja kecil.
  • Radial: suatu keseimbangan dimana unsur sudah ada pada unsur lain yang memancar disekitarnya dan berada satu titik tengah. Contohnya, ada meja makan bundar yang dikelilingi oleh 5 kursi di sekitarnya.

2. Kesatuan dan Harmonisasi

Setiap prinsip desain interior harus bisa saling mendukung, melengkapi, menyatu dengan baik, serta tampak lebih harmonis. Dengan adanya harmonisasi dan kesatuan dalam setiap unsur-unsur desain, maka akan lebih sempurna.

Hal ini sesuai dengan konsep yang telah ditentukan. Contohnya keserasian antara pola, bentuk warna, serta material design.

3. Komposisi

Komposisi merupakan penataan dari prinsip desain interior agar lebih nyaman. Contoh, pada denah suatu ruangan kerja, melakukan penataan ruangan pegawai, rapat, serta ruang direktur.

4. Skala dan Proporsi

Setiap ruangan pasti memiliki kesan berbeda, bahkan terkadang di beberapa ruangan lain terasa sangat luas dan satu ruang lainnya sempit. Hal inilah yang menjadi faktor pentingnya untuk proporsi dan skala dalam membuat desain interior, atau kita dapat menyebutnya konsep rule of three.

5. Irama

Irama dalam design sangat penting untuk bisa meningkatkan kenyamanan. Seperti pada dekorasi dinding dengan peletakan dan jarak berurutan secara rapi.

6. Titik Fokus

Titik fokus atau focal point, merupakan Prinsip desain interior yang cukup krusial. Focal point menjadi sorotan utama bahkan memberi kesan baik pada saat memasuki ruangan pertama kali. Contoh, ingin  sekali menonjolkan hiasan dinding indah, maka hal tersebut menjadi titik fokus pusat perhatiannya.

7. Warna

Warna tergolong sebagai unsur yang paling penting dalam prinsip desain interior. Karena terciptanya ruangan yang nyaman dan indah dipengaruhi oleh pemilihan warna tepat.

Apalagi warna akan selalu memberikan kesan tersendiri dalam semua situasi. Banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk merancang design bagus.

Misalnya saja mulai dengan penataan hal-hal kecil seperti membuat dekorasi atau hiasan dinding. Apabila ingin lebih praktis, bisa bekerjasama dengan jasa kontraktor interior indonesia yang profesional, seperti Nodes Studio.

Sehingga design pada suatu ruangan akan lebih memuaskan dan sesuai harapan Anda. Nodes Studio sendiri merupakan salah satu jasa interior berpengalaman di bidangnya.

Berikut tadi adalah hal yang perlu kamu tahu mengenai prinsip dasar interior yang dapat membantumu untuk membuat ruanganmu semakin cantik. Namun tidak ada salahnya apabila kamu menyerahkannya ke layanan jasa desain interior professional, seperti Nodes Studio.

Nodes Studio adalah penyedia layanan jasa desain interior yang sudah berpengalaman selama belasan tahun. Dengan berbekal pengalaman yang dimiliki, Nodes Studio sudah banyak dipercaya masyarakat. Nodes Studio Memiliki ratusan project yang sudah tersebar diseluruh Indonesia.

Percayakan kebutuhan dan permasalahkan rumahmu dengan Nodes Studio! Jika ingin berkonsultasi terkait permasalahan dan ruangan impianmu, kamu bisa menghubungi Nodes, klik disini!