fbpx

Nodes Studio

3 Peran Penting Warna untuk Interior dan Maknanya

Peran Penting Warna untuk Interior dan Maknanya

Peran penting warna untuk interior berkaitan erat dengan estetika dan makna yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan penelitian, warna bisa mempengaruhi suasana hati setiap orang yang melihatnya. 

Pengaruh warna terhadap mood ini juga terkenal sebagai psikologi warna. Warna sendiri merupakan sebuah spektrum dalam cahaya. 

Pahami Peran Penting Warna untuk Interior

Pada dasarnya, setiap color memiliki panjang gelombang yang akan membuatnya terlihat berbeda dari cat lain. Gelombang cahaya ini tentu memiliki pengaruh terhadap psikologi manusia.

Baca Juga : 7 Prinsip Desain Interior untuk Ciptakan Ruangan Nyaman 

Dalam desain interior, pemilihan cat penting sekali untuk bisa mempengaruhi keseluruhan penampilan ruangan. Kesalahan dalam memilih color bisa saja membuat penghuni rumah menjadi merasa tidak nyaman. Berikut beberapa peran penting warna untuk interior, yaitu:

1. Estetika

Peran color dalam suatu ruangan pertama, tentu dapat memberikan nilai keindahan, estetika, serta menghilangkan kesan kusam serta tidak terawat. Suatu ruangan yang Anda desain dengan menggunakan color tertentu, akan indah daripada ruangan yang tidak diberi color.

2. Manipulasi

Pengaplikasian cat yang tepat pada interior juga termasuk sebagai salah satu cara untuk bisa “manipulasi” ruangan. Peran penting warna untuk interior pada manipulasi disini berarti kesan yang hadir dari warna ruangan tersebut.

Pemakaian color tertentu, seperti putih menjadi jurus ampuh untuk bisa menciptakan kesan lapang serta luas dalam ruangan sempit. Sebaliknya, color juga dapat “memanipulasi” ruangan terlalu luas agar terlihat lebih “berisi”.

3. Psikologis

Peran penting warna untuk interior juga merupakan fokus utama dalam mendesain. Setiap color juga pastinya sudah memiliki potensi yang memberikan efek positif serta negatif terhadap seseorang. 

Pemakaian color berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang yang mempengaruhi tubuh, pikiran, emosi serta keseimbangan. Setiap color tentu sudah memiliki karakter yang berbeda dan bisa mempengaruhi suasana hati. 

Karena itu, sebaiknya pertimbangkan dengan baik pemakaian color yang tepat pada suatu ruangan. Anda juga bisa mengkonsultasikan hal ini dengan desainer interior.

Inspirasi Permainan Warna Dalam Interior

Makna Psikologis Warna Desain Interior

Selain peran penting warna untuk interior yang harus Anda ketahui, ternyata makna psikologis beberapa color juga wajib dipahami. Berikut ini beberapa makna psikologi warna yang sering digunakan pada interior rumah, antara lain:

1. Merah

Merah identik sekali dengan rasa emosional dan harga. Cocok sekali Anda gunakan sebagai aksen pada interior hunian untuk menghidupkan suasana. Anda bisa memadukan merah dengan color lain yang lebih lembut. Hal ini agar tidak terlihat berlebihan.

2. Biru

Biru akan memberikan efek rasa tenang sehingga dapat memicu berpikir atau konsentrasinya lebih jernih. Namun, hindarilah penggunaan biru yang terlalu banyak karena bisa saja menimbulkan kesan dingin serta kurang bersahabat.

3. Kuning

Kuning juga berkaitan dengan perasaan bersemangat, ceria, optimis, serta hangat. Anda bisa menggunakan kuning pada interior hunian dengan memadukannya color lainnya. 

4. Hijau

Hijau melambangkan keseimbangan serta harmoni, sehingga memicu perasaan nyaman dan segar. Hal ini karena identik dengan color alam. Hijau cocok sekali Anda gunakan pada ruangan istirahat.

5. Oranye

Warna Oranye adalah hasil kombinasi merah dan kuning yang cocok Anda aplikasikan pada ruang keluarga atau ruang makan. Hal ini karena memiliki efek kenyamanan, bersahabat, serta menambah nafsu makan. 

6. Cokelat

Cokelat tentu akan memberikan kesan lembut dan hangat namun tetap serius. Sehingga akan tampak lebih elegan dan modern. Hal ini termasuk dalam color alam, coklat sangat cocok sekali Anda padukan dengan material kayu.

7. Putih

Putih bisa membuat ruangan tampak lebih lapang, bersih, serta cocok sekali digunakan pada ruangan sempit agar terasa nyaman. Putih pada interior rumah cocok Anda padukan dengan berbagai jenis color untuk konsep desain interior.

Baca Juga : Penjelasan Focal Point Adalah dan Tips Menentukannya

Berikut tadi adalah hal yang perlu kamu tahu mengenai peran penting warna dalam interior yang dapat membantumu untuk membuat ruanganmu semakin cantik. Namun tidak ada salahnya apabila kamu menyerahkannya ke layanan jasa desain interior professional, seperti Nodes Studio.

Nodes Studio adalah penyedia layanan jasa desain interior yang sudah berpengalaman selama belasan tahun. Dengan berbekal pengalaman yang dimiliki, Nodes Studio sudah banyak dipercaya masyarakat. Nodes Studio Memiliki ratusan project yang sudah tersebar diseluruh Indonesia.

Percayakan kebutuhan dan permasalahkan rumahmu dengan Nodes Studio! Jika ingin berkonsultasi terkait permasalahan dan ruangan impianmu, kamu bisa menghubungi Nodes, klik disini!