fbpx

Nodes Studio

6 Tips Maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah agar Terang 

Maksimalkan pencahayaan alami dirumah

Maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah agar Terang 

Maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah merupakan salah satu langkah penting yang sangat berpengaruh terhadap beragam kebaikan. Selain bisa membuat ruangan menjadi lebih cerah tanpa harus menggunakan listrik.

Ternyata, hunian juga bisa menerima banyak cahaya alami untuk menciptakan ruangan yang lebih luas, nyaman, serta sehat. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah memaksimalkan pencahayaan hunian agar mendapatkan kenyamanan.

Tips Maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah

Secara umum, cahaya alami berfungsi untuk dapat meningkatkan kadar serotonin sehingga membuat tubuh lebih nyaman. Untuk mendapatkan cahaya alami, Anda tidak perlu banyak renovasi rumah.

Baca Juga : 3 Peran Penting Warna untuk Interior dan Maknanya

Karena saat ini sudah ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan di hunian agar mengoptimalkan cahaya alami. Berikut tips maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah agar hemat listrik, yaitu:

1. Gunakan Ubin atau Kaca Reflektif

Maksimalkan pencahayaan dirumah

Ubin atau kaca yang reflektif merupakan pilihan tepat untuk kamar mandi dan area dapur. Ubin atau kaca bisa memantulkan sampai 100 persen cahaya yang mengenainya. Sehingga nantinya dapat menciptakan efek pencahayaan alami lebih optimal.

2. Gantikan Bagian Dinding dengan Blok Kaca

Desain Interior Modern Klasik

Tips maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah berikutnya, ganti bagian dinding dengan blok kaca. Cara ini sangat efektif untuk bisa membawa masuk cahaya alami ke dalam rumah. 

Pertimbangkan juga untuk dapat menggantikan sebagian dinding eksterior dengan menggunakan blok kaca. Hal ini agar bisa membawa masuk cahaya alami ke area yang gelap di dalam rumah.

3. Gunakan Cat Dinding dan Plafon Berwarna Terang

Maksimalkan pencahayaan alami dirumah

Pemilihan warna cat plafon dan dinding yang cerah, seperti putih merupakan salah satu cara terbaik untuk maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah. Biasanya, warna terang dengan tingkat reflektansi cahaya tinggi akan membuat ruangan tampak lebih lapang dan terang.

Plafon yang Anda cat dengan warna putih atau terang juga bisa membantu memantulkan sinar alam ke seluruh ruangan. Warna putih pada plafon juga dapat mengurangi silau sehingga menjadikannya pilihan ideal.

4. Pasang Skylight di Atap

Skylight termasuk salah satu cara yang efektif untuk membawa sinar alami ke dalam rumah. Bahkan, skylight juga bisa berfungsi sebagai jendela untuk atap. 

Biasanya, skylight ini berukuran sama seperti jendela dan dipasang di langit-langit rumah. Skylight tersebut akan membawa sinar yang konsisten daripada jendela lainnya. 

Hal ini karena sudah terpasang di langit-langit. Sehingga cahaya matahari yang akan dipantulkan dari awan bisa langsung masuk ke dalam rumah.

5. Tambahkan Benda Reflektif Lainnya

Memaksimalkan pencahayaan alami dirumah

Gunakan benda-benda reflektif, seperti lampu dinding, cermin, serta pegangan kabinet yang berkilau. Hal ini bertujuan untuk bisa meningkatkan pencahayaan dalam ruangan. 

Hal ini tentu akan membantu memantulkan cahaya alami. Bahkan pada saat cahaya buatan Anda matikan.

6. Pasang Sun Tube

Apabila Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk memasang skylight, maka pertimbangkan penggunaan sun tube sebagai alternatif. Sun tube merupakan perangkat pencahayaan yang tidak perlu saluran cahaya eksterna seperti skylight. 

Sun tube nantinya juga bisa maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah. Dengan mengimplementasikan salah satu atau beberapa dari tips tersebut, Anda bisa menciptakan rumah yang lebih nyaman, terang, serta hemat listrik. 

Baca Juga : 5 Ciri Rumah Sehat dan Bersih untuk Keluarga

Berikut tadi adalah beberapa tips untuk mencapatkan rumah terang secara alami yang dapat membantumu untuk membuat rumahmu menjadi lebih sehat. Namun tidak ada salahnya apabila kamu menyerahkannya ke layanan jasa desain interior professional, seperti Nodes Studio.

Nodes Studio adalah penyedia layanan jasa desain interior yang sudah berpengalaman selama belasan tahun. Dengan berbekal pengalaman yang dimiliki, Nodes Studio sudah banyak dipercaya masyarakat. Nodes Studio Memiliki ratusan project yang sudah tersebar diseluruh Indonesia.

Percayakan kebutuhan dan permasalahkan rumahmu dengan Nodes Studio! Jika ingin berkonsultasi terkait permasalahan dan ruangan impianmu, kamu bisa menghubungi Nodes, klik disini!