fbpx

Nodes Studio

Nodes Studio

Penjelasan Focal Point Adalah dan Tips Menentukannya

Konsep Third of three

Pengertian Focal Point dan Tips Menentukannya

Focal Point adalah salah satu elemen yang terlihat sangat menarik perhatian sekaligus mencolok daripada elemen lainnya. Elemen ini biasanya berupa plafon dengan warna mencolok, cat pada bagian dinding, hingga elemen kecil lainnya.

Istilah dari focal point atau titik fokus bagi sebagian orang memang terdengar cukup asing. Namun, tidak bagi orang yang suka menggeluti bidang arsitektur.

Penjelasan tentang Focal Point Adalah

Focal Point adalah

Seperti penjelasan sebelumnya, titik fokus merupakan suatu hal yang penting dalam desain interior. Pada sebuah ruangan, focal Point adalah elemen yang lebih dramatis daripada elemen lainnya.

Sehingga hal ini dapat menarik perhatian. Konsep utamanya, elemen tersebut harus bisa menjadi fokus dalam ruang. Jadi tidak harus dinding dengan cat warna yang mencolok dari dinding lainnya.

Baca Juga : 7 Prinsip Desain Interior untuk Ciptakan Ruangan Nyaman  

Namun, titik fokus ini dapat berupa elemen kecil seperti karya seni, lampu, keramik, karpet, serta furniture. Selain itu, juga dapat pintu masuk yang menarik, jendela besar, serta detail lainnya. Oleh karena itu, kehadiran dari cukup fleksibel, terutama dalam sebuah ruangan. 

Bisa Anda letakkan di plafon, dinding, bahkan lantai rumah. Intinya saat Anda memasuki ruangan sudah ada satu sudut atau satu sisi yang langsung menarik perhatian. Hal inilah yang dikenal sebagai salah satu titik fokus.

Tips Menentukan Focal Point pada Ruangan

Pada dasarnya, untuk menentukan focal Point cukup mudah dan simpel. Berikut ini sudah ada beberapa tips untuk bisa menentukan focal Point adalah sebagai berikut:

1. Jangan Takut Bermain Warna

Apabila ruangan yang Anda miliki ukurannya cukup terbatas, tenang saja. Anda tidak harus memaksakan diri untuk bisa menghadirkan hiasan atau ornamen sebagai titik fokusnya. 

Tips untuk menentukan focal Point adalah jangan pernah takut bermain warna. Contoh, Anda bisa memberikan warna lebih kontras pada salah satu sisi untuk bisa membuatnya lebih tampak eye-catching

Bahkan, Anda juga dapat memainkan beberapa macam kombinasi warna cat rumah. Hal ini terutama pada ruangan yang telah mendominasi warna netral. 

Apabila Anda bingung memilih warna dan takut jika terlalu nabrak. Maka bisa langsung coba cari colour palette yang ada di internet untuk membantu.

2. Gunakan Ornamen atau Hiasan

Berikutnya, menentukan focal Point adalah Anda juga bisa menggunakan bantuan hiasan atau ornamen. Contoh lukisan, patung, atau bisa juga benda seni yang lainnya.

Lalu bisa letakkan ornamen tersebut di ruangan sebagai titik fokus. Anda juga nantinya bisa menggabungkan beberapa elemen sekaligus apabila memungkinkan. 

Namun sebaiknya, Anda tetap harus perhatikan fungsi serta aspek kenyamanannya. Karena terlalu banyak meletakkan barang di ruangan juga bisa berisiko membuatnya terlihat penuh sesak. Jadi tidak lupa untuk selalu mempertimbangkan ukuran serta luas ruangan tersebut.

3. Gabungkan Warna dan Tekstur yang Sesuai

Jika Anda ingin memiliki lebih dari satu titik fokus, maka bisa langsung pastikan untuk menggabungkannya dengan tekstur dan warna yang sesuai. Tujuan dari focal Point adalah untuk bisa langsung menciptakan harmonisasi dalam desain ruangan. 

Misalnya Anda pilih ornamen tertentu sebagai titik fokus, maka juga dapat menggabungkannya dengan warna dinding serta furniture. 

Baca Juga : 3 Peran Penting Warna untuk Interior dan Maknanya

Berikut tadi adalah hal yang perlu kamu tahu mengenai sebuah focal point yang dapat membantumu untuk membuat ruanganmu semakin cantik. Namun tidak ada salahnya apabila kamu menyerahkannya ke layanan jasa desain interior professional, seperti Nodes Studio.

Nodes Studio adalah penyedia layanan jasa desain interior yang sudah berpengalaman selama belasan tahun. Dengan berbekal pengalaman yang dimiliki, Nodes Studio sudah banyak dipercaya masyarakat. Nodes Studio Memiliki ratusan project yang sudah tersebar diseluruh Indonesia.

Percayakan kebutuhan dan permasalahkan rumahmu dengan Nodes Studio! Jika ingin berkonsultasi terkait permasalahan dan ruangan impianmu, kamu bisa menghubungi Nodes, klik disini!