fbpx

Nodes Studio

Desain Fasad Rumah Minimalis yang Cocok untuk Milenial

Dari banyaknya gaya desain yang ada, tampilan fasad rumah minimalis menjadi salah satu yang digemari oleh milenial Indonesia. Bukan tanpa alasan, gaya ini memang hadir dengan tampilan yang lebih fresh, muda, sederhana, namun tetap memperlihatkan visual estetik.

Ketika ingin menghadirkan desain minimalis di rumah. Anda harus memahami betul esensi dari gaya ini. Sebuah rumah dapat dikatakan minimalis ketika visualnya telah menggambarkan keindahan walau dengan tampilan yang sederhana. Secara fungsi, setiap ruangan di rumah minimalis harus memiliki fungsi yang jelas sehingga tidak terkesan sia-sia.

Baca Juga : Terapkan 10 Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Ini Saat Renovasi

Agar tercipta sebuah rumah minimalis yang tidak hanya fungsional, tetapi juga estetik. Anda harus memperhatikan beberapa elemen penting yang mendukungnya. Nah, salah satu yang tidak boleh dianggap sepele adalah fasad rumah minimalis.

Peran Penting Desain Fasad

Bagi Anda yang belum tahu, facade atau yang dalam bahasa Indonesia disebut fasad merupakan tampilan luar atau wajah dari sebuah bangunan. Perspektif fasad tidak hanya dari tampak depannya saja, melainkan dari samping hingga ke belakang.

Fasad memiliki peran yang cukup penting untuk rumah Anda. Selain sebagai ‘wajah’ yang dilihat dan diingat pertama kali oleh tamu atau orang-orang yang melintas. Fasad yang mewah dan menawan juga dapat meningkatkan nilai komersial rumah. Untuk menunjang kedua peran tersebut, desain fasad menjadi satu hal utama yang harus Anda perhatikan ketika membangun rumah.

Desain fasad yang baik dapat menunjukkan karakteristik dari sebuah rumah yang akhirnya merepresentasikan kepribadian dari pemiliknya. Maka dari itu, ketika mendesain sebuah fasad rumah minimalis, Anda harus benar-benar memperhatikan setiap detailnya dengan matang.

Ada beberapa ciri khas gaya minimalis yang kehadirannya tidak boleh dilupakan di fasad rumah Anda. Mulai dari aplikasi warna-warna yang cenderung netral atau monokrom, kehadiran garis-garis tegas yang membuat tampilannya lebih modern, hingga menghindari penggunaan ukiran-ukiran yang terlalu detail pada setiap elemen fasad.

Elemen Penting Pada Fasad Rumah Minimalis

Sebuah fasad dapat berdiri dengan kokoh dan sempurna karena adanya elemen-elemen penting sebagai penyusunnya. Kira-kira, elemen penting apa yang harus ada di fasad rumah Anda? Simak ulasan lengkapnya dari NODES Studio berikut ini!

Pagar

Pagar merupakan elemen terluar dari fasad rumah Anda. Seiring berkembangnya model perumahan di Indonesia, penggunaan pagar pun terbilang lebih opsional. Ya, untuk rumah-rumah yang berada di area cluster dengan fasilitas one-gate system, biasanya Anda tidak membutuhkan pagar lagi. Namun untuk perumahan konvensional, pagar masih menjadi pilihan utama untuk meningkatkan keamanan.

Landscape

Setelah pagar, biasanya Anda akan disambut dengan landscape berupa taman, kolam ikan, ataupun lainnya. Keberadaan landscape juga terbilang opsional. Bagi Anda yang memiliki rumah dengan ukuran terbatas, biasanya sisa tanah akan digunakan sebagai bangunan. Sehingga, kehadiran landscape pun diakali hanya dengan menaruh pot-pot tanaman atau membuat vertical garden. Namun bagi yang memiliki luas tanah lebih, Anda bisa menempatkan landscape tertentu untuk meningkatkan kenyamanan di rumah.

Entrance

Entrance atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan pintu masuk merupakan salah satu elemen penting pada fasad Anda. Elemen ini berfungsi sebagai tempat sirkulasi keluar-masuk bagi seluruh penghuni rumah. Untuk fasad rumah minimalis, Anda dapat menyesuaikan desain entrance dengan lebih sederhana. Misalnya, desainnya hanya dibuat kotak sederhana dengan satu pintu bergagang modern.

Pilar

Belum banyak yang menyadari kalau pilar memiliki peran yang cukup penting untuk tampilan dan juga daya tahan rumah Anda. Pilar berfungsi sebagai penyangga bangunan sehingga tetap kokoh dalam waktu yang lama. Berbeda dari pilar di rumah klasik yang selalu dihiasi ukiran-ukiran detail yang rumit. Pilar pada rumah minimalis hadir dengan desain yang sederhana. Anda cukup menghadirkan garis-garis tegas pada beberapa sisi sebagai aksen yang mempercantik tampilannya.

Jendela

Elemen terakhir yang tidak kalah pentingnya untuk melengkapi fasad rumah Anda adalah jendela. Secara fungsi, jendela merupakan tempat sirkulasi untuk udara dan juga cahaya alami dari matahari. Namun lebih dari itu, desain jendela juga dapat dipilih secara seksama ada mendukung tampilan minimalis di rumah Anda.

10 Inspirasi Fasad Rumah Minimalis

Fasad rumah minimalis
NODES Studio
Rumah Mewah Modern
Pinterest
Fasad rumah minimalis
Pinterest
Fasad rumah minimalis
Pinterest
Rumah monokrom
Pinterest
Rumah asri
Pinterest
Rumah minimalis cantik
Pinterest
Rumah minimalis modern
Pinterest
Fasad rumah minimalis
Pinterest
Fasad rumah minimalis
NODES Studio

Berikut tadi adalah inspirasi fasad rumah minimalis yang dapat kamu terapkan untuk membangun hunian impianmu. Namun, tidak ada salahnya apabila kamu menggunakan tenaga professional, jangan ragu berkonsultasi kepada kami untuk segala permasalahan hunianmu.

Yuk, desain dan bangun rumah impian Anda bersama Nodes Studio. Kami merupakan perusahaan jasa desain interior dan arsitektur yang memiliki signature gaya desain kontemporer, minimalis, dan modern.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Desain Open Space untuk Rumah Anda

Dengan tim berpengalaman, Nodes Studio akan membantu Anda dalam menciptakan desain terbaik untuk membantu meningkatkan kualitas hidup setiap penghuninya. Klik di sini untuk konsultasi awal gratis bersama desainer kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*