fbpx

Nodes Studio

Nodes Studio

5 Ciri Rumah Sehat dan Bersih untuk Keluarga

Ciri rumah sehat

Ciri Rumah Sehat dan Bersih untuk Keluarga

Ciri rumah sehat harus Anda pahami agar tidak salah memilih tempat tinggal nyaman dan bersih. Ini juga merupakan aspek yang penting karena memberikan kenyamanan, keamanan, serta kesehatan kepada tubuh.

Dengan tinggal di rumah sehat, tentu kualitas kehidupan pasti ikut terjaga. Jadi sebaiknya tidak hanya memperhatikan lokasi saja ketika membeli hunian, namun perlu mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar dan spesifikasi bangunan. 

Ciri Rumah Sehat dan Bersih

ciri Rumah sehat

Rumah merupakan sebuah bangunan tempat beristirahat dan berlindung. Rumah juga sebagai sarana pembinaan keluarga yang akan menumbuhkan kehidupan sehat secara mental, fisik, serta sosial.

Sehingga seluruh anggota keluarga nantinya bisa bekerja secara produktif. Berikut ini ciri rumah sehat dan bersih yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Bebas Debu dan Kotoran

Salah satu tanda hunian bersih adalah tidak adanya debu dan kotoran. Apabila ingin hunian bebas dari debu dan kotoran lainnya, maka Anda harus rajin menyedot debu.

Selain itu, perlu mengelap furnitur, menggosok lantai kamar mandi, sampai wastafel. Tidak lupa untuk buang sampah secara teratur. 

Dengan begitu, setiap ruangan tampak lebih rapi. Umumnya, kondisi hunian yang berantakan dapat memicu hewan pengerat atau hama lainnya sehingga menyebabkan penyakit.

Tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, namun kondisi rumah yang berantakan juga akan memengaruhi kondisi mental penghuninya. Hal ini karena kekacauan akan membuat manusia merasa cemas, stres, serta depresi.

2. Ventilasi dan Pencahayaan Yang Baik

Ciri rumah sehat berikutnya, yakni harus memiliki jendela dan ventilasi yang berfungsi dengan baik dan benar. Umumnya, kehadiran jendela di dalam hunian akan memungkinkan masuknya cahaya secara alami dan udara segar. Tujuannya untuk bisa menggantikan udara dalam ruangan pengap dan lembab.

Baca Juga : 6 Tips Maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah agar Terang 

Sehingga nantinya dapat memastikan lingkungan pernafasan sehat. Udara segar juga akan membantu mengurangi kelembaban dan mengurangi konsentrasi kontaminan di udara. Lingkungan lembap juga bisa membuat bahan bangunan pada hunian lebih mudah rusak.

3. Menggunakan Energi dengan Efisien

Penggunaan energi juga merupakan aspek penting untuk Anda perhatikan jika ingin memiliki lingkungan tempat tinggal sehat. Oleh karena itu, alangkah baiknya berhati-hati dalam menggunakan energi yang ada di rumah, baik itu air maupun listrik. 

Anda bisa matikan elektronik, lampu, serta mesin air jika tidak digunakan. Pemakaian energi yang efisien ini juga akan berdampak baik bagi keuangan keluarga. Hal ini bisa menghemat pengeluaran Anda.

4. Toilet Bersih

Toilet merupakan salah satu tempat yang lembap. Sehingga lebih berisiko menjadi lingkungan berkembang biaknya bakteri penyebab suatu penyakit. 

Baca Juga : 5 Tips Menghadirkan Dapur Bersih Rapi Agar Betah Masak di Rumah

Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan toilet secara teratur. Karena toilet yang bersih merupakan satu dari ciri rumah sehat.

Anda bisa beli produk pembersih toilet khusus untuk membersihkan jamur atau lumut. Selain itu, juga bisa membersihkannya dengan bahan alami, seperti cuka, soda kue, serta lemon.

5. Suhu Terkendali

Ciri rumah sehat selanjutnya, sudah memiliki temperatur udara atau suhu terkendali. Hal ini karena hunian yang tidak memiliki suhu konsisten dan seimbang, sehingga dapat menempatkan keluarga pada risiko lebih tinggi.

Terutama, dari paparan panas atau kelembaban ekstrem. Kelembaban yang tinggi bisa saja berdampak buruk terhadap tubuh.

Hal ini karena udara terasa lebih hangat dari suhu resmi yang tercatat. Kondisi ini juga pada akhirnya bisa menyebabkan perasaan berenergi lesu dan rendah.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda hanya perlu memiliki ventilasi udara baik. Lalu bisa lengkapi ruangan di rumah dengan alat pendingin, seperti AC atau kipas angin.

Berikut tadi adalah ciri rumah sehat yang wajib kamu pastikan ada pada hunianmu ya! Kalau ada salah satu yang terlewat, kamu dapat menggunakan tips rumah bersih dan sehat tadi untuk kamu jadikan pedoman untuk rumahmu. Namun tidak ada salahnya apabila kamu menyerahkannya ke layanan jasa desain interior professional, seperti Nodes Studio.

Nodes Studio adalah penyedia layanan jasa desain interior yang sudah berpengalaman selama belasan tahun. Dengan berbekal pengalaman yang dimiliki, Nodes Studio sudah banyak dipercaya masyarakat. Nodes Studio Memiliki ratusan project yang sudah tersebar diseluruh Indonesia.

Percayakan kebutuhan dan permasalahkan rumahmu dengan Nodes Studio! Jika ingin berkonsultasi terkait permasalahan dan ruangan impianmu, kamu bisa menghubungi Nodes, klik disini!